Go to Lampung

Tidak pernah terbayangkan kalo saya akan merasakan udara Lampung, dan menginjak bumi belahan Lampung…

Adalah Tanjung Bintang, Lampung yang saya kunjungi pada tanggal 9 Maret 2013. Mungkin bagi Mba Ade Puspita, dan Mba Tari Antika dan orang Lampung lainnya, Lampung adalah daerah yang sudah tidak asing lagi, tapi bagi saya, mba Ari Febriana, dan Nurcahya ini adalah kali pertamanya..Perjalanan bisa ditempuh lewat jalur laut dan udara.. kita pilih jalur laut selain lebih murah juga perjalanan lebih berkesan. start di Warung Buncit menuju terminal rambutan kemudian disambung naik bis menuju pelabuhan merak, bis terakhir menuju merak adalah pukul 9. kami dapet bis terakhir…

Ini dia tiba di pelabuhan merak, ternyata banyak juga yang melancong ke lampung. harga tiket ekonomi Rp. 11.500 cuma ditanya nama sama usia.. eits jangan khwatir kalo yang gak tahan panas ada ruang AC tapi tambah biaya lagi Rp. 8.000,- lumayan perjalanan sekitar 4 jam di kapal dengan ruangan yang nyaman kan lebih asyik… kalo cuacanya lagi ga bagus kapal bisa bergoyang ria, Alhamdulilah cuaca saat itu gak terlalu extreme walaupun hujan.. cuma kerasa seperti duduk di kursi goyang. tiba di lampung begitu menikmati nafas pertama turun dari kapal.. gak kelewat poto sana foto sini…

Ada beberapa yang kami kunjungi di Lampung, yakni menara siger dan pantai pasir putih.┬álokasi menara Siger tidak jauh dari pelabuhan Bakauheni.. karena kepagian datengnya kita slonong girl masuk.. pas di dalem ada petugasnya ternyata.. kaya maling aja kita. ya kita jelaskan kalo di pintu masuk tidak ada yang menjaga jadi kita langsung masuk. tapi memang ternyata penjaganya memang ramah, kita di jelaskan tentang menara siger tersebut… manara tersebut memang kurang terawat kebersihannya, karena memang mereka kekurangan tenaga untuk menjaga menara tersebut, tapi lewat menara itu kita bisa melihat lebih indah daerah di sekitar Bakauheni tersebut

Kami berlanjut ke Pantai Pasir Putih, lokasinya sekitar 2 jam dari menara Siger ditempuh dengan bis. jauh dekat tarif bis Rp. 17.500. di sana memang transportasi masih sulit, masih belum banyak transportasi umum.

ah memang sudah di ijinkan untuk pergi ke pantai.. sudah lama sekali tidak melihat pantai.. kebetulan pantainya masih pasang.. jadi pasir nya masih ketutup pasir, tadinya mau tulis nama SINTARIAH di pasir itu..hehe kalo mau liat pasirnya nunggu sore dulu, baru air lautnya surut…pantai pasir putih tidak terlalu dalam, cuma selutut.. itu pun kami cuma main ciprat2an kali ya..hehe

Baru setelah itu kita go to rumah Mba Ade Puspita dan Mba Tari Antika. perjalanannya uh ma nyos… lika liku… naik turun… jalannya berbatu… uuuuuuuuh siph deh…

Ternyata daerah lampung itu panas, baru tau saya.. saya kira cuma Jakarta aja yang panas.. tapi di sana suasananya masih asri, setiap rumah pasti punya halaman yang luas… pokoknya enak banget.. ada yang lucu.. salah satu dari kami belum ada yang tau yang namanya pohon duren, dukuh, sama cokelat.. di perjalanan kita kenalin pohon2…

Sampai disana kami istirahat dan kami sosialisasikan deh kampus kami tercinta Bogor EduCARE ke Kepala sekolah SMA yang ada di situ.. kita ceritakan pengalaman2 kami di BEC.. ya memang salah satu kendalanya adalah jarak yang memisahkan pulau.. haha

Sebetulnya masih pengen di sana lama,, betah saya di sana.. serasa hidup di masa kecil saya… jauh dari kebisingan.. banyak pohon.. tapi mau gimana lagi,, kami harus pulang..

Eits kalo berpergian gak bawa oleh2 gak lengkap rasanya… oleh2 khas lampung biasanya kemplang, kerupuk ikan, sama keripik pisang.. tapi tau gak kita bukan beli di lampung oleh2nya tapi malah di pelabuhan merak.. hii di sana banyak di jual makanan oleh2 lampung.. kalo mau beli makanan tersebut, beli aja di merak ya…

For Someone

 

 

 

 

 

FOR YOU

 

apa yang bisa kukatakan untukmu…

tak bisa..

kata sayang,,, tak mampu terucap untukmu…

malu rasanya aku mengungkapkan langsung kepadamu..

kau yang berharga untukku..

tapi mengapa aku tak bisa ungkapkan itu padamu..

kata maaf pun sulit…

semoga aku tak melukai hatimu dengan ini…

semoga kau tahu apa yang aku rasakan ini..

aku ingin kau bahagia..

aku kan selalu membuatmu tersenyum..

walau terkadang aku harus sangat berusaha..

bahkan menangis..

kau penyemangatku..

tapi aku lakukan apa yang ku lakukan bukan semata karenamu..

melainkan karena Allah dan diriku sendiri..

karena untuk membahagiakan mu adalah perlu ridho dari Allah dan keinginan dari diriku sendiri..

Semoga Allah selau menyayangimu..

seperti kau menyayangiku…

I Love u…

 

 

 

 

seimbang antara Habluminallah dan Habluminannas

seimbangSetiap ibadah yang diperintahkan Allah adalah untuk meningkatkan hubungan vertikal dan horizontal secara seimbang. Hubungan vertikal yaitu hubungan kita kepada Allah ( Hablumminallah), sedangkan hubungan horizontal adalah hubungan kita kepada sesama makhluk Allah (Hablumminannas).

Islam bukanlah agama yang memerintahkan untuk hanya beribadah saja kepada Allah tanpa memikirkan kehidupan dunia, begitu pun sebaliknya tidak juga hanya mengejar kehidupan dunia saja. Tetapi setiap ibadah itu harus seimbang antara dunia dan akhirat. Sholat diawali dengan takbiratul ihrom dan diakhiri dengan salam yang mendo’akan seluruh makhluk yang ada dibumi ini. Artinya dalam bacaan sholat pun ada hubungan antara Allah dan sesama manusia. Begitu pun dengan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Puasa merupakan ibadah yang penilaiannya langsung oleh Allah. Ikhlas tidaknya seseorang melakukan ibadah puasa hanya Allah yang tahu. setelah satu bulan berpuasa yang merupakan meningkatkan hubungan kita dengan Allah, maka di akhir bulan Ramadhan sebelum shalat idul fitri kita diwajibkan untuk melaksanakan zakat fitrah yang merupakan peningkatan hubungan kita kepada sesama manusia.

Ada satu kisah di zaman Rasulullah yaitu ada seorang kepala keluarga yang meninggalkan istri dan anaknya untuk pergi ke suatu tempat yang jauh dari keramaian agar dapat beribadah dengan khusuk kepada Allah, sedangkan istri dan anak-anaknya dititipkan kepada saudaranya yang kaya raya. semua biaya kehidupan anak dan istrinya ditanggung oleh saudaranya itu. berita tersebut sampai pada Rasulullah sehingga Rasulullah mendatangi orang tersebut dan menegurnya. Rasul mengatakan bahwa jika seandainya orang tersebut meninggal maka sesungguhnya yang akan masuk ke surga terlebih dahulu adalah saudaranya tersebut karena telah menafkahi istri dan anak orang tersebut yang seharusnya menjadi kewajiban orang tersebut. Sudah jelas bahwa dalam kisah tersebut Rasul melarang hanya mengejar kehidupan akhirat atau dunia saja. semuanya harus seimbang antara kehidupan dunia dan akhirat.

Insan yang taqwa

Tujuan dari ibadah puasa adalah agar kita menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah SWT.. Taqwa adalah tunduk dan patuh terhadap aturan Allah. wujud dari taqwa adalah melakukan kebaikan-kebaikan. kebaikan-kebaikan yang dilakukan untuk menjadi orang yang bertaqwa adalah bersegera mohon ampunan kepada Allah, karena kita tidak akan tahu kapan kita akan meninggalkan dunia ini. Oleh karena itu mohon ampunan dilakukan agar kita segera diampuni sebelum kita meninggal. Adapun waktu yang paling baik untuk memohon ampunan adalah di waktu sahur atau sebelum subuh/terbit fajar karena para malaikat ikut mendoakan kita. malaikat yang mengawasi kita mempunyai tugas secara bergiliran, pergantian pergiliran berada diwaktu subuh, oleh karena itu kita jangan menghilangkan kesempatan emas ini yaitu para malaikat berkumpul diwaktu subuh untuk mendoakan kita.

Adapun ciri orang yang bertaqwa adalah sedikit tidur di waktu malam, waktu malamnya digunakan untuk memohom ampunan kepada Allah, ibadah pokok pada waktu malam adalah memohon ampunan sedangkan ibadah tambahannya adalah sholat tahajud dilanjutkan dengan membaca ayat suci Alquran dengan perlahan karena pada waktu malam adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan kekhusyuan.

Kemerdekaan Buah Berkah Ramadhan

Proklamator

17 Agustus 1945 adalah momentum yang bersejarah bagi dunia khususnya Indonesia. pada saat itu adalah waktu dimana Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang berbunyi:

” kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain. diselenggarakan

dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.”

jakarta, hari 17 bulan 8 tahun 45

atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno-Hatta.

Ada keistimewaan dalam pembacaan proklamasi ini, yaitu proklamasi dibacakan pada bulan suci Ramadhan. Hal ini tentu sebuah momentum yang sangat berkah bagi Indonesia karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Pembacaan proklamasi adalah saat dimana Indonesia membebaskan diri dari belenggu penjajahan sekaligus membebaskan belenggu dari hawa nafsu. Setelah sekian lama Indonesia berada dalam jajahan bangsa lain, pada saat itu Indonesia bangkit dari keterpurukan.

Seharusnya momentum kemerdekaan dijadikan sebagai momentum untuk pembelajaran. Bagaimana pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan harta demi mencapai Indonesia yang merdeka. Kini Indonesia telah berusia 66 tahun. Bukan usia muda lagi, seharusnya Indonesia sudah melesat menjadi negara yang maju karena sudah merdeka sejak 66 tahun yang lalu. Perayaan kemerdekaan tahun ini tepat berada di bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. sama seperti tahun ketika bung karno memproklamasikan kemerdekaan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk kita berdoa kepada Allah agar Indonesia akan menjadi negara yang taat kepada Allah, menjadi negara yang aman, makmur, sejahtera, karena di bulan Ramadhan kesempatan dikabulkannya doa lebih besar. Apalagi jika seluruh warga muslim indonesia mendoakan Indonesia tercinta, akan ada berapa doa yang dipanjatkan. subhanallah…

Di bulan yang berkah ini, mari kita doakan indonesia tercinta.. menjadi negara yang diridhoi Allah SWT. dan diberi jalan kemudahan dalam setiap kesulitan yang dihadapi inidonesia.. Amin…


Empati sepenuh Hati

empatiIslam adalah kebaikan. teramat banyak ajaran islam yang menggelorakan semangat berbuat baik. Tak hanya untuk kebaikan pribadi, tetapi juga kebaikan bgi orang lain dan masyarakat banyak. Dari masalah remeh sampai urusan yang besar.

islam memang sempurna misalnya, orang yang bersin dalam islam. betapa indah bila etikanya kita terapkan. orang yang bersin disunnahkan mengucapkan “Alhamdulillah”, bersyukur kepada Allah. Orang lain yang mendngar bersin dan syukur tadi, lantas berdoa “yarhamukallah”. semoga Allah merahmatimu. karena kebaikan mesti dibalas dengan kebaikan,orang yang bersin mendoakan balik dengan kalimat “yahdikumullah”. semoga mendapat hidayah dari Allah. itu merupakan sebuah interaksi kebaikan yang amat baik.

jangankan kepada sesama manusia, kepada hewan pun islam begitu menampakkan empati yang tinggi. kita tentu masih ingat kisah, betapa seorang wanita pelacur yang bergelimang dosa mendapatkan ampunan maksimal dari Allah, karena telah rela bersusah payah mengambilkan air minum untuk seekor anjing yang kehausan. sebaliknya, Allah murka kepada seorang alim yang lalali menninggalkan seekor kucing dalam rumahnya yang terkunci selama beberapa hari sampai mati kelaparan.

Rasulullah sendiri amat menghargai muslim yang penuh empati. karea ini pula Rasulullah pernah bersabda : “mereka, orang-orang Asy’ari itu, adalah bagian dari saya, dan saya bagian dari mereka.” (HR. Bukhari Muslim). Apa rahasia kecintaan Rasulullah pada kaum Asy’ari? tidak lain karena tertanamnya empati di kaum ini. mereka memiliki kebiasaan unik. di saat bahan makanan menipis, mereka mengumpulkan semua bahan makanan yang dimiliki pada sebuah kain. selanjutnya mereka bagi kembali secara merata ke seluruh warga. mereka tak mau ada warga yang kesulitan makan, sementara yang lain kelebihan…

Tak ada kata terlambat

ketika kita memiliki satu keinginan dan kita berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai keinginan tersebut kita pasti akan optimis untuk mendapatkan sesuatu keinginan tersebut. namun adakalanya apa yang kita usahakan tidak berjalan dengan semestinya dan pasti akan ada hambatan yang akan selalu datang. ketika itulah peran sabar sangat dibutuhkan. hilangkan semua kata yang bermakna putus asa, jangan pernah menyerah ketika di tengah jalan kita mengalami satu kegagalan. be spirit!!!!

ketika kita merasa harapan sudah tidak ada maka katakanlah “LAILAHAILALLAH” tiada tuhan selain Allah. hanya Allah yang dapat menolong kita. Lakukan sesuatu yang bisa buat kita bangkit. sekalipun kita anggap itu sudah terlambat. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi insan yang lebih baik.